'

Fenomena di Kehidupan ini

                                 * Klik di sini jika anda mau mencopy paste isi blog saya
                                           Atau setelah Select kalimat tekan Ctr+C 

Pengertian Iklan menurut KBBI adalah berita atau pesan kepada khalayak orang banyak untuk mendorong atau membujuk atau lebih tertarik kepada barang atau jasa yang di tawarkan. Dari definisi tersebut  terdapat dua komponen utama dalam sebuah iklan, yaitu “mendorong dan membujuk”, Dengan kata lain, iklan harus memiliki sifat persuasi
Namun selain komponen diatas, adanya komponen lain seperti adanya barang atau jasa yang di tawarkan, di Era sekarang yang sedang berkembang ini, pengertian iklan di perluas lagi bukan hanya barang dan jasa yang di tawarkan, Namun juga kondisi tertentu yang di diberitahukan kepada masyarakat atau khalayak banyak, seperti himbauan penyakit atau waspada gempa dan lainnya.
Selain media cetak atau televisi, iklan dapat di pula di pasarkan lewat internet yang dewasa ini menjadi salah satu media yang paling besar digunakan untuk memasarkan produk di lokal maupun internasional. berikut adalah contoh iklan pelayanan masyrakat yang termasuk dalam iklan Komersial dan Nonkomersial. 
Iklan Komersial
- Bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa.
- Disebut commercial.
- Biasanya dikomunikasikan melalui media-media konvensional maupun new media.
Iklan Non-Komersial
- Contoh: Iklan lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang.
- Merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan "menjual" gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat (public service).


  • Contoh Iklan pelayanan masyrakat Komersial dan Nonkomersial

A. Iklan Masyrakat Pendidikan Nasional Wajib Belajar 9 tahun.



Iklan Wajib belajar 9 tahun ini mengajak agar anak-anak dapat bersekolah atau menempuh pendidikan setidaknya 9 tahun, agar lebih mudah mendapat pekerjaan atau mungkin kita bisa menciptakan pekerjaan itu sendiri.


B. Iklan penghijauan ( go green)

 Gambar
Dalam iklan ini masyarakat dihimbau untuk melestarikan tanaman dan membuat area hijau dikawasan rumah, ini dapat membuat udara bersih dan sehat dengan begitu hidup akan lebih baik, dan dengan iklan ini ditanamkan slogan satu orang satu pohon yang dimaksudkan untuk tiap orang ikut melestarikan pohon dengan menanam satu pohon.


C. Iklan pencegahan AIDS/HIV
 Gambar
Pada iklan ini masyarakat dihimbau untuk menghentikan penyebarluasan AIDS dengan cara tidak berhubungan seks bebas dan tidak menggunakan narkoba atau jarum suntik secara bergantian, iklan ini juga dibuat untuk memberitahu masyarakat akan bahaya AIDS sehingga masyarakat dapat menghindarinya.


E. Iklan Nestle Kitkat



F. Iklan pernikahan Usia dini



 

KESIMPULAN
·         Iklan sebagai media komunikasi dari produsen terhadap konsumen memiliki 3 ciri umum. Yaitu, harus memberi informasi pada pasar akan adanya barang baru, sedikit pesan agar menyarankan penggunaan barang tersebut, serta kelebihannya terhadap pesaing.
·         Sebagai media komunikasi visual, iklan mampu membawa masyarakat untuk berkomunikasi secara berbudaya dan dialogis, selanjutnya dimotivasi untuk melakukan suatu tindakan positif atas pengaruh komunikasi tersebut.  
·         Pemakaian bahasa dalam iklan disesuaikan dengan kebutuhan dan demi tercapainya maksud iklan itu sendiri, dengan menggunakan kalimat imperatif, deklaratif, maupun introgatif.
·         Iklan dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dan informasi yang dengan mudah dapat dimengerti maknanya oleh konsumen dengan sajian gambar yang menjadi bahasa dan komunikasi tersendiri tergantung kepada golongan mana iklan itu ditujukan.








Share Postingan Ini

Klik if you like :

Related Posts

First